Pages

Friday, January 16, 2009

Tiga Film Indonesia Lolos ke Berlin

Festival Film International Berlin tahun ini bakal diramaikan oleh tiga film karya sutradara Indonesia.

Indonesia boleh bangga. Tiga film karya sineas negeri ini berhasil lolos ke Berlinale 2009 alias Berlin International Film Festival. Dua film di antaranya masuk ke kategori Panorama Dokumente untuk film dokumenter.

Dua film yang masuk ke dalam seksi Panorama Dokumente adalah Generasi Biru, film dokumenter-musikal yang dibintangi oleh Slank dan disutradarai oleh Garin Nugroho, serta Pertaruhan (At Stake) , film produksi Nia Dinata yang digarap oleh lima sutradara dan bercerita tentang konflik yang dialami wanita-wanita di Indonesia.

Satu film lagi yang masuk ke dalam Main Progamme Berlinale 2009 adalah Laskar Pelangi (The Rainbow Troops) besutan Riri Riza, yang di Indonesia udah mencatat rekor sebagai film dengan penonton terbanyak.

Ini bukan kali pertama Indonesia ikut berpartisipasi di ajang film internasional yang bergengsi ini. Di tahun 2003, film karya Garin Nugroho yang berjudul Aku Ingin Menciummu Sekali Saja juga sempat lolos ke festival ini. Tapi baru tahun inilah ada film Indonesia yang berhasil lolos ke dalam seksi Panorama Dokumente.

Berlinale 2009 melibatkan sekitar 50 film feature, film pendek, dan film dokumenter dari seluruh dunia, dan bakal digelar di Berlin, Jerman, mulai tanggal 5 sampai 15 Februari 2009.

No comments:

Post a Comment

browser info

IP

technorati

Add to Technorati Favorites